HEadeR

  • Bandung Tempoe Doeloe
  • Yang TER Dari Indonesia
  • Manusia Terhebat Abad Ini
  • 5 Aturan untuk Hidup Bahagia
  • Tentara TERRACOOTA
  • Tentara TERRACOOTA" title="Full post"> Kontes Seo, nowGoogle SEO Challenge

hurup nya kurang gede..... gede in ndiri nyak

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Cetak halaman ini Cetak halaman ini

Rabu, 07 Oktober 2009

Sejarah Kota Bandung


Kota bandung tidak berdiri bersamaan dengan pembentukan kabupaten bandung. kota ini dibangun dengan tenggang waktu sangat jauh setelah kabupaten bandung berdiri. kabupaten bandung dibentu pada sekitar pertengahan abad ke-17 masehi, dengan bupati pertama tumenggung wiraangunangun. beliau memerintah kabupaten bandung hingga tahun 1681.
Semula kabupaten bandung beribukota di krapyak (sekarang dayeuhkolot) kira-kira 11 kilometer ke arah selatan dari pusat kota bandung sekarang. ketika kabupaten bandung dipimpin oleh bupati ke-6, yakni R.A Wiranatakusumah ll (1794-1829) yang dijuluki "dalem kaum l", kekuasaan di nusantara beralih dari kompeni ke pemerintahan hindia belanda, dengan gubernur jendral pertama herman willem daendels (1808-1811).

Untuk kelancaran menjalankan tugasnya dipulau jawa, Daendels membangun jalan raya pos (Groote Postweg) dari anyer di ujung barat jawa barat ke panurakan di ujung jawa timur (kira-kira 1000 km). pembangunan jalan raya itu dilakukan oleh rakyat pribumi dibawah pimpinan bupati daerah masing-masing.

Di daerah bandung khususnya dan daerah priangan umumnya, jalan raya pos mulai dibangun pertengahan 1808, dengan memperbaiki dan memperlebar jalan yang telah ada. Di daerah bandung sekarang, jalan raya itu adalah jana jendral sudirman - jalan asia afrika - jalan A. yani, berlanjut ke sumedang dan seterusnya. Untuk kelancaran pembangunan jalan raya, dan agar pejabat pemerintah kolonial mudah mendatangi kantor bupati, Daendels melalui surat tanggal 25 mei 1810 meminta bupati bandung dan bupati parakan muncang untuk memindahkan ibukota kabupaten, masing-masing ke daerah cikapundung dan andawadak (tanjungsari), mendekati jalan raya pos.

Rupanya Daendels tidak mengetahui, bahwa jauh sebelum surat itu keluar, bupati bandung sudah merencanakan untuk memindahkan ibukota kabupaten bandung, bahkan telah menemukan tempat yang cukup baik dan strategis bagi pusat pemerintahan. tempat yang dipilih adalah lahan kosong berupa hutan, terletak di tepi barat sungai cikapundung,tepi jalan raya pos yang sedang dibangun (pusat kota bandung sekarang). alasan pemindahan ibokota itu antara lain, krapyark tidak strategis sebagai ibukota pemerintahan, karena terletak di sisi selatan daerah bandung dan sering dilanda banjir bila musim hujan.

Sekitar akhir tahun 1808/awal tahun 1809, bupati besertah sejumlah rakyatnya pindah dari krpyark mendekati lahan bakal ibukota baru. mula-mula bupati tinggal di cikalintu (daerah cipaganti), kemudian pindah ke balubur hilir, selanjutnya pindah lagi ke kampur bogor (kebon kawung, pada lahan gedung pakuan sekarang).

Tidak diketahui secara pasti, beberapa lama kota bandung dibangun. akan tetapi, kota itu dibangun bukan atas prakarsa Daendels, melaikan atas prakarsa bupati bandung, bahkan pembangunan kota itu langsung di pimpin oleh bupati. dengan kata lain, bupati R.A. Wiranatakusumah ll adalah pendiri (the founding father) kota bandung. kota bandung diresmikan sebagai ibukota kabupaten bandung dengan surat keputusan 25 september 1810.

Sumber data sejarah dari : www.bandung.go.id




apaan nih

0 komentar:

Posting Komentar

/
 

The Way Of Life " Free Your Mind " Design by Insight © 2009 | This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates